PELATIHAN
MERAKIT DAN INSTALASI LAPTOP/KOMPUTER
PADA
SMK BATIK SAKTI 2 KEBUMEN
Mokh. Nasikhudin, S.Pd.Si., S.Kom, SMK
Batik Sakti 2 Kebumen
Jalan Kusuma No. 71 Kebumen, Jawa Tengah
nasikh09@gmail.com
Abstrak
Merakit
komputer merupakan suatu tahapan kegiatan menyatukan komponen-komponen yang
dibutuhkan agar komputer dapat berjalan dengan baik. Untuk memahami proses
perakitan komputer yang benar, dibutuhkan pemahaman terhadap perangkat keras
komputer baik secara logical dan physical. Sementara itu agar komputer dapat
dioperasikan sesuai dengan fungsinya perlu dilakukan instalasi. Instalasi
komputer yaitu memasang program (perangkat lunak) ke dalam komputer. Semua
perangkat lunak (misalnya
Microsoft windows, Microsoft
Office dan lain- lain) selain itu, instal juga
berfungsi untuk menyesuaikan program dengan alat-alat terpasang pada komputer dan menguraikan file-file yang dipadatkan. Keahlian merakit dan instalasi laptop/komputer
mampu menjadikan ladang usaha ekonomi kreatif berbasis teknologi informasi.
Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Wali Songo adalah sebuah lembaga
pendidikan agama islam. Santri sebagai pemuda generasi penerus bangsa, perlu
memahami dan memiliki keterampilan dalam merakit dan instalasi laptop/komputer,
bukan hanya sebagai pengguna pasif saja tetapi juga harus aktif, Sisi lain juga
mampu dijadikan sebagai bagian dari penggerak ekonomi kreatif.
Abstract
Assembling
a computer is a stage of bringing together the components needed to run
correctly. To understand the correct computer assembly process, an
understanding of computer hardware is required both logically and physically. Meanwhile,
so that the computer can be operated according to its function, it is necessary
to install it. Computer installation is installing a program (software) into a
computer. All software (e.g., Microsoft Windows, Microsoft Office, and others)
apart from that, also install functions to match the program with the tools
installed on the computer and parse the compressed files. The expertise in assembling
and installing laptops/computers can make a creative economy business field
based on information technology. The Islamic Education Foundation of Wali Songo
Islamic Boarding School is an Islamic religious, educational institution.
Santri, as the nation's next-generation youth, needs to understand and have
skills in assembling and installing laptops/computers, not only as passive
users but also being active, the other side can also be used as part of driving the creative economy.
PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Di mana,
teknologi juga memiliki andil besar dalam perkembangan kehidupan
manusia terutama
komputer (Budiman, 2017). Merakit komputer
merupakan suatu tahapan kegiatan menyatukan komponen-komponen yang dibutuhkan agar komputer
dapat berjalan dengan baik (Herlandy et al., 2019). Untuk memahami
proses perakitan komputer yang benar,
dibutuhkan pemahaman terhadap
perangkat keras komputer baik
secara logical dan physical (Manurung & Lenny, 2014). Sementara itu agar komputer
dapat dioperasikan sesuai dengan fungsinya
perlu dilakukan instalasi. Instalasi komputer yaitu memasang program
(perangkat lunak)
ke dalam komputer semua perangkat
lunak (misalnya, Microsoft Windows,
Microsoft Office, dan perangkat
lunak lainnya). Selain itu, instalasi juga berfungsi untuk
menyesuaikan program dengan alat- alat terpasang
pada komputer dan menguraikan file-file
yang dipadatkan. Keahlian merakit dan
instalasi laptop/komputer mampu menjadikan ladang usaha ekonomi kreatif
berbasis teknologi Informasi (Anjrah et al., 2008; Arifianto & Funatik, 2009; Daulay, 2007; Jogiyanto, 2005).
Proses merakit komputer sendiri memerlukan berbagai teknik dan prosedur
perakitan yang benar agar komponen-komponen yang digabungkan
dapat membentuk komputer secara kesatuan yang utuh sehingga
bisa digunakan dan berjalan dengan normal. Oleh sebagian
orang, merakit komputer dianggap sebagai kegiatan yang rumit
dan hanya dilakukan oleh teknisi
komputer yang ahli dibidangnya. Pandangan ini
sebenarnya tidak sepenuhnya tepat karena merakit komputer sangat modular artinya bahwa
pemasangan dan pembuatan yang sesuai dengan tiap komponen menggunakan standardisasi yang sama (Gumawang, 2006; Zaki & SmitDev
Community, 2007).
SMK Batik Sakti 2 Kebumen merupakan sekolah kejuruan yang berada di
perkotaan kebumen. Awalnya berdiri pada tahun 1989 dan mulai awal jurusan akuntansi,
sekretaris dan pemasaran. Setelah berkembangnya waktu diperluas dengan
menambahkan jurusan yaitu teknik komputer dan jaringan pada tahun 2013, memiliki
sekitar total 800 siswa. Kegiatan-kegiatan siswa siswi selama ini
banyak diisi dengan kegiatan olahraga, rebana, musik, tari sehingga tidak
banyak keterampilan yang mereka miliki sebagai bekal masa
depan terjun ke masyarakat luas.
Pengelolaan komputer/laptop pada SMK
Batik Sakti 2 Kebumen masih terbengkalai, terbukti tidak adanya tenaga atau
ahli khusus mengelola peralatan komputer. Komputer/laptop yang bermasalah langsung dibawa ke tempat
service untuk dilakukan perbaikan. Padahal hanya hal kecil,
misalkan hanya menambahkan aplikasi yang diperlukan sekolah. Pembersihan virus
komputer pun mereka belum dapat melakukankannya. Sangat diperlukannya
pengelolaan hardware dan software komputer pada sekolah tersebut.
Solusi yang ditawarkan kepada para siswa-siswi
jurusan teknik komputer dan jaringan adalah pengembangan
diri, penambahan wawasan dan bekal keterampilan dalam bidang teknologi
informasi dan komunikasi. Kegiatan-kegiatan mereka
selama ini banyak diisi dengan kegiatan keolahragaan. Tidak banyak
keterampilan yang mereka miliki sebagai bekal masa
depan terjun ke masyarakat luas. Sebagai seorang siswa-siswi di zaman
sekarang bekal pengetahuan tentang komputer sangat diperlukan (Hidayat, 2010). Pelatihan ini akan membantu mereka menjawab tantangan jaman era teknologi
digitalisasi terhadap komputer (Damanhuri et al., 2013). Terciptanya
generasi penerus bangsa yang memahami
dan mengetahui teknologi
informasi dapat mereka jadikan sebagai usaha ekonomi kreatif (Azizah & Muhfiatun, 2017).
METODOLOGI
Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan
melalui pelatihan dengan pemanfaatan modul yang telah disediakan yaitu dengan metode teori pembelajaran
dan praktik langsung ditempat. Selain itu, mereka
juga diberikan contoh dan kasus serta simulasi
cara merakit laptop/komputer step by step dan instalasi beberapa software.
Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, pelatihan
kepada peserta para siswa-siswi SMK Batik Sakti 2 Kebumen khususnya jurusan
teknik komputer dan jaringan dilakukan oleh beberapa instruktur
profesional dibidangnya dengan materi pelatihan sebagai berikut:
1.
Pengenalan dan Persiapan Komponen Komputer
2.
Peralatan Merakit Komputer
3.
Praktek Merakit Komputer
4.
Pengujian Hasil Merakit Komputer
5.
Instalasi Aplikasi dan Pengelolaan
6.
Pengujian dan Implementasi Komputer
Pelatihan ini memberikan beberapa materi tentang pengenalan komponen
komputer, peralatan merakit komputer, praktek merakit komputer, pengujian hasil
merakit komputer, instalasi aplikasi serta pengujian. Metode
pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan pemberian pemberian
materi. Selanjutnya langsung praktik langsung ditempat. Kemudian para peserta
dipersilahkan merakit dan istalasi komputer.
Pelaksanaan program ini melibatkan teknisi agar kegiatan dapat berjalan lancar. Kegiatan
tanya jawab dilakukan bersamaan dengan penyajian
materi. Para peserta dapat langsung berdiskusi dengan para pemateri secara langsung untuk memahamkan materi dan saling
berbagi pengalaman terkait dengan masalah yang tengah dibahas dalam materi
bersangkutan. Pada pelaksanaan praktik merakit dan instalasi
laptop/komputer peserta dibagi menjadi dua kelompok
dan didampingi oleh tim. Kegiatan ini terlaksana di salah satu ruang kelas SMK Batik Sakti 2 Kebumen.
Materi yang disajikan oleh tim pengabdi dapat diterima, dicerna, dan dipahami
peserta dengan baik. Pelaksanaan praktik merakit dan instalasi
laptop/komputer juga berjalan dengan lancar. Jumlah peserta yang sebanding
dengan jumlah pengabdi yang berperan sebagai instruktur dan tutor
menjadikan pelatihan ini menjadi lebih kondusif.
Dari 24 siswa-siswi yang didelegasikan
untuk mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Praktek
Kerja Industri ternyata tersebut dari pelosok-pelosok daerah kebumen.
Sebelum kegiatan Praktek Kerja Industri berlangsung, mereka
semua belum mengetahui bagaimana merakit dan instalasi
laptop/komputer. Setelah kegiatan berlangsung mereka semua mengetahui tentang merakit dan
instalasi laptop/komputer serta peluang usaha
sebagai wadah ekonomi kreatif.
Evaluasi kegiatan Praktek Kerja Industri ini dilakukan
dengan beberapa cara. Yang pertama,
evaluasi hasil dilihat dari praktik mandiri oleh masing- masing peserta, dapat dilihat
bahwa rata-rata peserta pelatihan telah mampu
merakit dan melakukan instalasi laptop/komputer.
Penilaian kedua didapat dari kuisioner pre-test post-test dengan 10 pertanyaan seputar merakit dan instalasi
laptop/komputer yang menunjukkan peningkatan kemampuan yang signifikan pada tiap-tiap komponen materi pembahasan.
Hasil pre-test dan post-test disajikan pada Tabel I.
Tabel I. Pretest
dan Posttest Kemampuan Peserta Pelatihan
Pokok Bahasan (Materi) |
Pre Test (%) |
Post Test (%) |
Peningkatan (%) |
Komponen
Hardware (perangkat keras) laptop/komputer |
0 |
73 |
73 |
Memori Komputer |
2 |
86 |
84 |
Upgrade
komputer |
22 |
83 |
61 |
Cara merawat Motherboard |
10 |
87 |
77 |
Perangkat input dan output komputer |
16,5 |
89 |
72,5 |
Alat yang
dibutuhkan Untuk merakit komputer |
10 |
67 |
57 |
Cara merakit laptop/komputer |
33 |
83 |
50 |
Program (perangkat lunak)
laptop/komputer |
27,5 |
58,5 |
31 |
Sistem keamanan komputer |
12 |
87 |
75 |
Cara instalasi laptop/komputer |
0 |
67 |
67 |
Berdasarkan hasil penilaian post test dan menghitung peningkatan kemampuan dalam merakit dan istalasi laptop/komputer, secara umum para peserta telah mengetahui dasar-dasar perakitan komputer dan istalasi perangkat lunak dan telah mampu merakit serta melakukan instalasi laptop/komputer. Proses perakitan komputer dan pemasangan memori disajikan pada Gambar 1 dan 2.
Gambar 1. Proses perakitan komputer
Gambar 2. Proses pemasangan memori
KESIMPULAN
Pelatihan ini memberikan beberapa materi yang terkait dengan
pemahaman dalam merakit dan instalasi laptop/komputer untuk
menambah kompetensi santri untuk memiliki keterampilan dalam bidang
hardware dan software laptop/komputer. Materi yang disajikan dapat
diterima, dicerna, dan dipahami peserta dengan baik. Jumlah
peserta yang sebanding dengan jumlah pengabdi menjadikan pelatihan ini
menjadi lebih kondusif. Kegiatan berlangsung lancar, tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan dan para santri dapat berkomunikasi
dengan para pembicara dan santri lain dengan baik.
UCAPAN TERIMA KASIH
Dalam pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Industri ini, penulis banyak mendapatkan dukungan
dari berbagai pihak. Oleh karenanya dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar
besarnya kepada DU/DI mitra kerja SMK Batik Sakti 2 Kebumen dan peserta
yang antusias mengikuti kegiatan ini.
REFERENSI
Anjrah, Mintana, Wijaya, A. 2008. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Arifianto, D., Funatik,
A. 2009. Antigaptek Hardware Komputer : Pengenalan & Permasalahan + Solusi.
Jakarta: Kawan Pustaka.
Azizah, S.N., Muhfiatun,
M. 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus
Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah (Study Case
di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. 17(2):63-78.
https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i2.127
3
Budiman, H. 2017. Peran
Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al- Tadzkiyyah: Jurnal
Pendidikan Islam. 8(1):75-83. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Damanhuri, A., Mujahidin,
E., Hafidhuddin, D. 2013. Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan
di Era Globalisasi. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. 2(1):17-37. http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v2i1.54
7
Daulay, M.S. 2007.
Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer. Yogyakarta: Andi
Offset.
Gumawang, A. 2006.
Belajar Merakit Komputer: Sebuah Panduan Sistematis, Jelas, dan Tuntas. Edisi Revisi.
Bandung: Informatika.
Herlandy, P.B., Ismanto,
E., Satria, A. 2019. Simulasi Pengenalan dan Instalasi PC berbasis Augmented
reality dengan Metode Single marker. Journal of Education Informatic Technology
and Science (JeITS). 1(2):85-96. https://doi.org/10.37859/jeits.v1i2.1390
Hidayat, N. 2010. Isu-Isu
Kontemporer Pendidikan Islam Tentang Madrasah dan Tantangan Global. Al- Bidayah
: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 2(1):45- 62. https://doi.org/10.14421/al-
bidayah.v2i1.101
Jogiyanto, H.M. 2005.
Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi.
Yogyakarta: Andi Offset.
0 komentar :
Posting Komentar